LAPORAN KEGIATAN PENGAMATAN PANCA INDERA MANUSIA
KEGIATAN
1
BINTIK
BUTA
A.
TUJUAN
Mengetahui
adanya bintik buta.
B.
ALAT DAN BAHAN
1) Kertas
manila berwarna putih
2) Penggaris
kayu 1 meter
3) Spidol
atau bolpoin.
C.
CARA KERJA
1) Menyediakan
kertas manila berukuran lebar 3 cm dan panjang 14 cm.
2) Membuat
tanda silang (x) dan (y) pada kertas dengan jarak antara x dan y 10 cm.
3) Memegang
kertas dengan tangan kiri sejauh 50 cm di depan mata, tanda y dipasang di
sebelah dalam.
4) Memusatkan
pandangan mata kiri pada tanda y dan menututp mata kanan.
5) Memusatkan
mata kiri pada tanda y lalu mendekatkan kertas perlahan-lahan hingga tanda
silang (x) hilang, dan kemudian tampak kembali.
6) Mengukur
dan mencatat dalam tabel jarak tanda silang (x) hilang dan jarak tanda (x)
nampak kembali.
D.
TABEL PENGAMATAN
No
|
Nama
|
Jarak antara
kertas dengan mata (cm)
|
Keterangan
|
|
Uji Bintik
Buta
|
||||
Huruf X
menghilang
|
Huruf X tampak
kembali
|
|||
1.
|
Salsa Ardianty
|
|||
2.
|
Adinda Putri
K.H
|
|||
3.
|
Ratna Mardika
Sari
|
|||
4.
|
Rissa Kurnia
A.
|
E.
BAHAN DISKUSI
1) Apa
yang dimaksud dengan bintik buta dan bintik kuning?
2)
Jelaskan
perbedaan antara sel batang (bacilus) dengan sel kerucut (conus)!
3)
Apa
tugas sel fotoreseptor?
4)
Sebutkan
3 lapis dinding bola mata!
5)
Jelaskan
macam-macam gangguan penglihatan!
F.
HASIL
DISKUSI
1)
Bintik
buta adalah bagian pada retina dimana tidak terdapat sel sel fotoreseptor yang
berfungsi menerima rangsang cahaya. Sedangkan bintik kuning ialah bagian retinayang paling peka terhadap cahaya
karena merupakan tempat perkumpulaan sel sel saraf yang berbentuk cerucut dan
batang.
2)
Sel
batang mengandung pigmen rodopsin, tidak sensitif terhadap warna, dan bekerja
pada intensitas cahaya rendah (malam hari). Sementara itu, sel kerucut
mengandung iodopsin, sensitif terhadap warna,dan bekerja saat intensitas cahaya
tinggi (siang hari).
3)
Sel fotoreseptor adalah
jenis khusus dari saraf yang
ditemukan di retina yang
memiliki kemampuan foto transduksi.
Sel fotoreseptor berfungsi mengubah cahaya yang masuk ke retina menjadi sinyal
yang dapat menstimulasi proses biologi. Secara lebih spesifik protein
fotoreseptor di dalam sel menyerap foton menyebabkan
perubahan pada potensial membran.
4)
Lapisan
luar bola mata terdiri atas sebagai berikut.
·
Tunika fibrosa merupakan lapisan terluar yang keras.
·
Sklera merupakan bagian dinding mata yang
tersusun dari jaringan ikat fibrosa berwarna putih, memberikan bentuk pada bola
mata, dan sebagai tempat perlekatan otot ekstrinsik.
·
Kornea berfungsi untuk menstranmisi dan
memfokuskan cahaya.
Lapisan
tengah bola mata terdiri atas koroid, badan siliari, iris dan pupil. Selain
itu, struktur bagian mata lainnya adalah lensa, rongga mata, dan retina mata.
5)
Macam
macam gangguan penglihatan antara lain:
·
Miopia (rabun jauh)
merupakan gangguan berupa mata tidak dapat melihat benda yang berjarak jauh
karena fokus bayangan jatuh di depan retina.
·
Hipermetropia (rabun dekat),
tidak dapat melihat benda yang berjarak dekat karena bayangan jatuh di belakang
retina.
·
Presbiopia merupakan
gangguan berupa mata tidak dapat melihat benda yang berjarak dekat maupun jauh.
·
Kebutaan merupakan
gangguan berupa mata tidak dapat melihat benda apapun.
·
Kerabunan merupakan
gangguan berupa mata hanya dapat melihat dengan samar-samar.
·
Katarak merupakan penebalan kepada lensa mata yang menyebabkan
penglihatan seseorang menjadi buram.
·
Astigmatisma merupakan
gangguan berupa kelengkungan kornea yang tidak merata.
·
Buta warna merupakan
kelainan penglihatan dimana mata tidak mampu membedakan warna.
·
Rabun senja merupakan
gangguan berupa mata tidak bisa melihat dengan jelas pada saat sore hari saja,
akibat kerurangan vitamin A.
KEGIATAN
2
INDRA PENGECAP
A. TUJUAN
Mengetahui
daerah pengecap pada lidah.
B. ALAT
DAN BAHAN
1) Larutan
gula
2) Larutan
garam
3) Larutan
asam
4) Larutan
pahit
5) 4
buah cutton bud
C. CARA
KERJA
1)
Melakukan kegiatan ini dengan dua orang,
yaitu si A dan si B.
2)
Membersihkan lidah si A dengan lap yang
bersih, kemudian menjulurkan.
3)
Memasukkan masing-masing cutton bud ke
larutan.
4)
Mengoleskan cutton bud dari larutan gula
ke berbagai tempat di permukaan lidah, lalu menandai bagian lidah yang
merasakan manis. Kemudian mencatatnya pada buku.
5)
Melakukan kumur setelah merasakan setiap
rasa.
6)
Melakukan hal demikian untuk larutan
garam, asam dan pahit.
7)
Melakukan percobaan yang sama pada si B.
8)
Mencatat hasil kegiatan
D.
BAHAN DISKUSI
1)
Buatlah diagram lidah dan tentukan letak
titik dari keempat rasa tersebut.
2)
Apakah titik tersebut setiap orang sama?
3)
Jelaskan mengapa jika kita mendapat
gangguan pada hidung (flu, pilek) selera makan kita menjadi berkurang?
4)
Apakah yang dimaksud sel kemoreseptor
KEGIATAN
3
GERAK
REFLEKS
A. TUJUAN
Mengamati
gerak refleks dan proses jalannya rangsang.
B. ALAT
DAN BAHAN
1)
Air
2)
Gelas
3)
Relawan
C. CARA
KERJA
1)
Tanpa sepengatahuan relawan, salah satu
teman menyentuhkan segelas air panan pada bagian lengannya.
2)
Mengamati reaksi tubuh relawan yang
terkena sentuhan air panas tersebut
D. BAHAN
DISKUSI
1)
Reaksi apa yang tampak pada relawan yang
terkena senthan air panas dalam gelas?
2)
Apa nama gerak yang mucul pada relawan?
3)
Tuliskan urutan rangsang gerak refleks
dan gerak sadar!
4)
Gerak reflek ada 2 macam. Jelaskan!
KEGIATAN
4
INDRA PERASA
A. TUJUAN
Mengetahui
kuit tubuh yang peka terhadap rangsangan.
B. ALAT
DAN BAHAN
1.
Pensil runcing
2.
Es batu dibungkus plastik
3.
Air hangat dibungkus plastik
C. CARA
KERJA
1.
Melakukan kegiatan ini dengan 2 orang
dan seorang matanya ditutup, sedangkan seorang lagi tidak.
2.
Seorang yang tidak tertutup matanya
menusukkan pelan-pelan pensil runcing ke telapak tangan teman yang ditutup
matanya pada berbagai tempat. Tanyakan apakah ia merasakan sakit? Jika iya,
tandailah bagian tangan yang terasa sakit.
3.
Mengganti tempat penusukan dileher dan
kaki pada berbagai tempat. Menanyai partner, apakah merasakan sakit. Jika iya,
menandai bagian yang merasakan sakit.
4.
Melakukan pula percobaan diaatas dengan
menggunakan es batu dan air hangat
5.
Mencatat hasil kegiatan.
D. BAHAN
DISKUSI
1.
Bagian mana yang memiliki kepekaan
paling tinggi?
2.
Bagian mana yang tidak peka?
3.
Saraf apakah yang membuat kulit peka
terhadap rasa sakit?
4.
Buatlah skema lapisan rasa sakit!
Komentar
Posting Komentar